Air Terjun Sumatera Utara Tidak Kalah Menarik

Air Terjun Sumatera Utara

Air Terjun Sumatera Utara Jalanan ke Kabupaten Tapanuli tengah, Sumatera Utara jangan terlewat tujuan pantainya. Cuaca di wilayah itu condong panas, Situs Judi Slot tetapi akan terbayarkan dengan daya tarik pantai yang cantik.

Rangkaian beberapa pulau kecil di situ masih alami. Nyaris semua tidak berpenghuni. Beberapa yang lain, ditaruh seorang penjaga. Yang palng mencolok di pulau-pulau kecil, pasirnya putih bersih.

Jadi, jika ada peluang sempatkan diri saja bermain ke Pulau Putri, Janggi, Batulayar, Sitardas, Stungkus, Kalimantung, dan Mursala. Benar-benar ongkos yang dikeluarkan pelancong untuk bertandang ke pulau-pulau itu cukup kuras isi dompet.

Hal tersebut berkaitan dengan ongkos sewa perahu motor dari dataran ke arah pulau-pulau kecil itu. Pemilik perahu kenakan biaya sejumlah Rp 1,8 juta untuk mengantarkan pelancong pergi pulang.

Beberapa pemilik perahu umumnya mangkal di tempat wisata Pantai Pandan. Sedikit, paling ada lima perahu. Jumlah itu dapat makin bertambah bila pada musim berlibur. Atau ada kelompok pelancong dalam skala besar.

Lawatan ke pulau-pulau kecil pun tidak dapat dikerjakan sembarangan waktu. Beberapa pemilik perahu umumnya menampik pergi bila cuaca jelek. Mereka telah ingat dengan keadaan alam di laut.

Meskipun pelancong berasa percaya cuaca bagus waktu ingin pergi dari Pantai Pandan, belum pasti penglihatan yang serupa tampil dari pemilik perahu. Pemilik perahu malah tahu jika di seberang pantai cuaca jelek dan gelombang akan tinggi. Jika demikian, dibayarkan berapa saja, pemilik malas mengantarkan pelancong.

Ingat ongkos sewa perahu lumayan mahal, sebaiknya keberangkatan pelancong ke arah pulau-pulau kecil berpadu pada sebuah kelompok. Harus dipahami, perahu motor yang bekerja di situ, optimal mengusung 9 orang.
Tidak jadi permasalahan untuk pemilik perahu, bila hanya mengantar 5 orang pelancong. Hanya ongkos yang akan dijamin semasing pelancong bertambah besar. Sebab berapa saja pelancong yang pergi, ongkos sewa masih Rp 1.8 juta. Jadi jika ada 9 orang, ongkos dapat dipukul rata jadi Rp 200.000,00 per pelancong.
Selama perjalanan di perahu motor, disarankan para wisatawan untuk mengenakan rompi pelampung. Itu demiki keamanan dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Apalagi gelombang di perairan antara pulau Sumatera dan Nias itu bisa sangat tinggi dan tiba-tiba di tengah lautan turun hujan.