Macam Jenis Balap Motor Dunia

Jenis Balap Motor

Jenis Balap Motor Balap motor yakni olahraga otomotif yang gunakan sepeda motor. Balap motor, terutama road race, cukup tenar di Indonesia. Nyaris setiap minggu di banyak wilayah di Indonesia even balap motor digelar. Kecuali road race, balap motor tipe yang lain cukup kerap diselenggarakan yakni motorcross, drag bike, grasstrack serta supersport.

Ada banyak tipe olah raga yang gunakan media motor balap. Federation Internationale de Motorcyclisme (FIM) yakni tubuh Internasional yang berperan memayungi beragam tipe kegiatan-kegiatan olah raga balap motor itu.
Tipe kejuaraan

RKarena terdapat banyak berbagai tipe serta wujud motor, karena itu ada juga berbagai tipe pelombaan serta kejuaraan balap motor, diantaranya:

Road Racing atau balap jalanan berbentuk murni atau asal awalannya yakni balapan yang diperlombakan di jalan umum, seperti trek Isle of Man TT (Tourist Trophy), Grand Prix Macau serta sejumlah trek di Ireland. Sebab disebabkan karena bahaya yang gak terlepaskan dari jalan raya seperti lajur sempit, trotoar jalan, serta tembok-tembok, biasanya balap jalanan saat ini dipindah ke track-lintasan yang dibuat teristimewa.

Sirkuit Racing atau balap circuit , adalah di mana beberapa motor balap yang didesain teristimewa atau beberapa motor produksi masal yang diubah beradu satu dengan yang lain di circuit yang didesain teristimewa. MotoGP yakni contoh dari balapan kelas pucuk yang memperlombakan motor yang didesain teristimewa untuk balap serta tidak dipasarkan bebas, sesaat World Superbike yakni contoh balap yang memperlombakan motor produksi masal serta dipasarkan bebas tetapi dengan modifikasi sama ketetapan.

Classic Racing Balap classic yakni di mana banyak peserta membalap dengan gunakan motor yang udah diubah. Secara besar dari waktu awal mula – rata-rata beberapa motor saat sebelum tengah tahun 70-an.

Motokross serta ponakannya supercross diperlombakan di trek berlumpur, rata-rata memperlihatkan motor yang melonjak melintasi jarak yang jauh.

Supermoto yakni paduan di antara balap jalanan serta motokross. Motor yang dipakai biasanya yakni tipe motor motokross dengan ban motor balap jalanan. Trek yang dipakai untuk perlombaan kombinasi di antara jalanan serta trek berlumpur atau tanah.
Speedway serta speedway es yakni balapan yang diselenggarakan di circuit berwujud lonjong (oval) di mana banyak rider berlomba-lomba. Dengan type ciri khas speedway adalah mengepotkan (berbelok dengan geser roda belakang) motor. Untuk mempermudah melintasi circuit yang cuma berwujud oval itu.
Ketahanan motor (Enduro), di mana balapan diperlombakan dalam periode saat yang panjang, serta dengan trek alam, sampai melintasi wilayah terpisah. Reli Paris-Dakkar serta Six Day Endurance yakni contoh-contohnya.
Balap motor enduro atau Reli tipe yang lain berbasiskan pada pemungutan point yang di capai rider. Serta tidak terkonsentrasi mutlak pada waktu yang dipakai kesemuanya peserta. Reli-reli diperlombakan dalam kurun waktu hari-hari serta beberapa ribu mil. Dengan beberapa poin bonus yang diberi kalau sukses tiba di tujuan serta lokasi yang di perintahkan. The Iron Butt Association yakni tubuh yang kerap melangsungkan reli-reli sejenis itu.