Kriteria Sponsor Pada Balap Motor

Kriteria Sponsor

Kriteria Sponsor Balap untuk kelas MotoGP sekarang ini dipertunjukkan sekitar 17 seri di 15 negara yang berlainan (Spanyol menyelenggarakan 3 seri balapan). Balapan biasa diadakan tiap-tiap akhir minggu dengan sejumlah sesi. Hari Jum’at diadakan free practice dan latihan sah pertama, waktu mendatang Sabtu dijalankan latihan sah ke-2 dan QTT, di mana banyak rider usaha bikin waktu catatan terhebat untuk memastikan status start mereka. Balapan sendiri diadakan dalam hari Minggu, biarpun ada seri yang diadakan hari Sabtu adalah di Belanda dan Qatar.

Grid (baris status start) terbagi dalam 3 rider perbaris dan kebanyakan tiap-tiap seri balap dituruti oleh seputar 20 rider. Balapan dijalankan waktu seputar 45 menit dan rider berlomba-lomba sejauh jumlah perputaran yang dipastikan, tidak ada masuk pit untuk mengubah ban atau isi bahan bakar. Balapan dapat ulangi bila berlangsung kecelakaan fatal pada awal balapan. Skema grid tetap sama hasil penyisihan. Rider bisa masuk pit bila cuma untuk mengubah motor sebab hujan waktu balapan.

Organisasi dalam MotoGP
Kemajuan Balap MotoGP tidak lepas dari organisasi-organisasi yang berperan didalamnya Sejumlah organisasi yang berkumpul dalam komisi Grand Prix di antara lainFIM, Dorna, IRTA, dan MSMA.
FIM (Federation Internationale de Motocyclisme) sebagai tubuh paling tinggi di dunia yang mengurus sejumlah hal tentang sepeda motor. FIM yang berdiri di tahun 1904 ini bukan cuma mengurus balap motor, tapi juga jadi pengawas beberapa motor produksi yang dipasarkan masal, terpenting bab keamanan dan kepantasan.

Dalam pekerjaan balap motor, FIM yakni tubuh yang mengurus dan bertanggungjawab berkaitan aturan dan tekhnis penerapan balapan, pun berkaitan posisi, skala, dan persyaratan dari satu kejuaraan balap motor.
Dorna yakni organisasi pengurus balapan MotoGP, atau mungkin dengan kata lain Dorna yakni promotor kejuaraan MotoGP.

Dorna bertanggungjawab pada kualitas momen juga mengurus sponsor momen.

IRTA (International Road racing Tim Association), anggota organisasi ini terbagi dalam club-club yang mengikut balapan MotoGP. Organisasi ini berperan untuk mengalirkan inspirasi club dan banyak rider yang berkumpul didalamnya. Dengan organisasi ini rider bisa memberinya input dan memastikan hak-hak dan keperluannya, misalnya nilai kontrak, keamanan dan kepantasan circuit.
MSMA (Motor Sport Manufacturer Association) sebagai organisasi dalam MotoGP yang terbagi dalam pabrikan-pabrikan motor yang mengikut kejuaraan MotoGP, seperti Honda, Yamaha, Ducati, Suzuki, Kawasaki, dan pabrikasi yang lain. Peranan dari organisasi ini misalnya memutus ketetapan tekhnis berkaitan aturan motor bersama-sama dengan organisasi yang lain berkumpul di komisi Grand Prix.
Detail
Tiap-tiap ketetapan berkaitan masing-masing kelas balapan dibuat oleh FIM menjadi organisasi yang berkekuatan melakukan. FIM membuat dan keluarkan aturan-peraturan baru yang diliat sesuai sama kemajuan balapan. Pada permulaan zaman baru MotoGP di tahun 2002, motor bermesin 2 tidak 500 cc. Dan 4 tidak 990 cc diizinkan untuk dipakai dalam balapan. Kehebatan tenaga dari motor bermesin 4 tidak yang mengalahkan motor bermesin 2 tidak singkirkan semuanya mesin 2 tidak dari kompetisi. Dan musim-musim balap setelah itu tak ada lagi motor 2 tidak yang dipakai.
Di tahun 2007, FIM dapat menetapkan ketetapan baru jika beberapa motor MotoGP dapat terbatasi jadi 4 tidak 800 cc.
Argumen yang diutarakan dari pengurangan kemampuan silinder mesin ini yaitu untuk menaikkan keamanan rider. Ingat tenaga dan kecepatan pucuk yang dibuat mesin-mesin MotoGP udah bertambah secara mencolok sejak mulai 2002. Rekor kecepatan MotoGP sekarang ini yakni 347,4 km/jam yang dibuat oleh Loris Capirossi. Dengan motor Ducati di circuit Catalunya, Barcelona di tahun 2004. Menjadi perbedaan rekor kecepatan F1 sekarang ini yakni 369,9 km/jam yang dibuat oleh Antonio Pizonia